Sabtu, 28 Januari 2017

Cat Bodi Mobil Anda Penuh Baret Atau Banyak Goresan, Tak Perlu Ke Bengkel" Begini Cara Mudah Menghilangkannya!

Satu diantara permasalahan yang sering dikeluhkan oleh yang memiliki mobil yaitu terjadinya goresan atau baret pada cat bodi luar hingga mengakibatkan kerusakan penampilan kendaraan. 

Sesungguhnya permasalahan ini masalah kecil, cuma saja untuk beberapa orang hal semacam itu jadi permasalahan besar, terlebih apabila kendaraannya akan di jual kembali, dapat menurunkan harga jual. 

Apabila diperbaiki di bengkel, melakukan perbaikan baret mengonsumsi biaya lumayan, dapat sekitar Rp. 300 ribu sampai jutaan rupiah. Berbeda dengan bila anda memperbaikinya sendiri, selain menambah skill, anda dapat juga menghemat biaya sampai jutaan rupiah, 

Biasanya, goresan pada cat mobil dapat terjadi kapan saja, baik lantaran gesekan ranting, waktu kendaraan akan diparkir, kenakalan anak-anak, cakaran ayam atau kucing serta lain sebagainya. 

Diluar itu, goresan pada cat mobil dapat juga terbentuk dengan sendirinya, misalnya lantaran aspek cuaca. Goresan sebagai hasil oksidasi hujan yang memiliki kandungan asam ini biasanya berupa jaring laba-laba. Hal itu tentunya menambah daftar panjang ancaman rusaknya cat yang terjadi pada mobil kesayangan kita. 

Lalu, bagaimana caranya menyingkirkan goresan pada cat mobil maupun sebatas menyamarkan baret pada mobil anda? Tersebut langkahnya : 

Goresan Ringan 

Yang dimaksud goresan mudah yaitu lecet karena goresan kuku, lemparan kerikil atau waktu bersihkan mobil. Goresan ini tidak melalui susunan cat kendaraan, jadi bisa dihilangkan dengan tangan. 

Ambil wax (kompon, polish, product scratch atau swirl remover), lantas semprotkan pada bantalan mikro fiber, lantas gosok berulang-kali di area yang terkena goresan. Gunakan handuk mikro fiber untuk membersihkannya. Jika perlu, berikan car plish agar permukaan kembali terlihat bercahaya. 

Anda dapat juga memakai cat kuku yang digunakan oleh para kaum wanita, kita tinggal pilih warna cat kuku yang sesuai sama warna mobil kita lalu oleskan pada goresan tersebut jadi cacat pada mobil kita akan hilang untuk sementara waktu. 

Goresan sedang 

Tipe goresan ini biasanya menyentuh susunan cat basic. Hilangkanlah dengan cat touch-up. Bersihkan lebih dahulu permukaan yang terkena goresan dengan grease remover dan wax. Kemudian Anda bisa mengecat lagi. 

Goresan dalam 

Susunan basic logam biasanya tersentuh goresan ini. Mudah saja, Anda cukup mengecat dan mengamplas. Haluskan segi yang tergores dengan amplas yang tebalnya 800-1000 grit lantas amplas kembali dengan ketebalan 1. 200 grit. Barulah cat dan gabungan thinner bisa Anda semprotkan pada permukaan mobil. Jika jadi sulit, baru Anda bisa ke bengkel untuk berkonsultasi. 

Perawatan Body Mobil 

Cara merawat mobil sangat penting buat anda ketahui. Goresan yang berjalan di cat bodi mobil memang mengganggu keindahan eksterior kendaraan yang paling disayangi. Ditambah lagi apabila mobil tetap dalam kondisi baru. 

Untuk yang mempunyai mobil pastinya Anda ingin selekasnya mengatasi goresan itu, agar mobil kembali mu`lus seperti sedia saat. 

Apabila goresan pada bodi mobil tetaplah tipis dan sedikit, Anda dapat lakukan sendiri system menyamarkan goresan. Langkahnya dengan ikuti sebagian langkah sederhana yang diperoleh Astraworld : 

Pertama, bersihkan bodi mobil, terutama segi ada goresan. Tujuannya untuk bersihkan debu atau kotoran yang menempel pada cat bodi mobil. 

Ke-2, keringkan segi bodi mobil yang telah dicuci menggunakan lap mempunyai bahan chamois sampai tidak tersisa butiran air pada bodi mobil. 

Ketiga, berikan bahan penghilang goresan pada cat (kompon) seperlunya di bagian bodi mobil yang tergores, lantas ratakan dengan jari sesuai sama dengan sisi yang tergores. 

Ke empat, gosok perlahan dan sedikit ditekan dengan kain lap halus yang kering untuk meratakan kembali permukaan yang tergores dengan cat di sekelilingnya. 

Ke lima, lagi kembali dari poin nomor tiga s/d lima apabila belum mempunyai hasil yang maksimal, yakni sisa (second) goresan menipis dan terlihat rata dengan cat di sekelilingnya. 

Ke enam, apabila goresan sudah tidak terlihat, lantas gosok tempat sisa (second) goresan tadi dengan cairan pengkilap cat. Lakukan dengan perlahan menggunakan kain lap halus dan bersih. Semestinya pada langkah ini, cat mobil Anda sudah mulus kembali. 

Tips di atas hanya dapat Anda terapkan apabila goresan tetap tipis dan tidak terlihat plat bodi mobilnya (tidak dalam). Apabila goresan yang berjalan sudah dalam dan diimbangi peny0k jadi bodi mobil harus diperbaiki lebih dahulu sebelum akan dicat lagi. 

Beberapa hal lain yang perlu diperhatikan yakni bahan penghilang goresan (kompon). Tetapkan kompon yg tidak melun`turkan cat mobil dan tidak meninggalkan warna pada kain penggosok.

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com tipscantiknya.com